Rabu, 04 Juni 2008

Gateau Africain

Bahan :

Sponge Cake :
100 gr tepung terigu protein sedang, ayak
30 tepung maizena
30 g coklat bubuk
8 kuning telur
5 putih telur
175 g gula bubuk
75 g mentega tawar, lelehkan
Sirup Rum :
100 g gula pasir halus
80 ml air
4 sdm rum
Vla :
8 kuning telur
90 g tepung maizena
700 ml susu cair
150 gr gula pasir halus
4 sdt rum
2 kaleng (@ 312 g) jeruk mandarin kalengan, tiriskan
Coklat bubuk untuk taburan

Peralatan khusus :
1 loyang persegi 22 cm,
1 loyang persegi 20 cm,
kertas roti,
plastik lembaran ukuran 20 cm x 40 cm
Cara membuat:
1. Olesi loyang 22 cm dengan mentega. Lapisi dasar loyang dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 180 °C.
2. Ayak terigu, maizena dan coklat bubuk sebanyak 2 kali. Sisihkan. Dengan mikser berkecepatan tinggi, kocok semua telur hingga mengembang. Bertahap, masukkan gula sambil terus dikocok hingga mengembang dan kental (lakukan test pita, yaitu untuk mengetahui kekentalan adonan sponge cake yang pas seusai dikocok. Angkat pengocok mixer. Goyangkan untuk menjatuhkan adonan. Adonan sudah cukup kental jika meninggalkan jejak seperti untaian pita yang tidak langsung tenggelam dan bertahan selama beberapa detik.). Ayak campuran terigu ke dalamnya, aduk balik dengan spatula. Terakhir masukkan sedikit adonan tepung ke dalam mentega cair untuk mengentalkan, aduk balik sampai rata. Kemudian balik masukkan adonan mentega dalam beberapa tahap ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga rata.
3. Sirup Rum : Campur gula dan air, rebus sampai gula larut (tidak perlu mendidih). Setelah dingin, masukkan rum.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang hingga matang (30 menit). Keluarkan dan taruh loyang di atas rak kawat. Setelah 5 menit, keluarkan cake, buang kertas roti. Dinginkan di atas rak kawat.
5. Setelah dingin, belah cake menjadi 3. Taruh selapis cake ke dalam loyang yang lebih kecil, tekan perlahan sampai masuk (cake agak mengerut sehingga akan mudah masuk). Basahi permukaannya dengan sirup rum. Sisihkan.
6. Vla : Kocok lepas telur, maizena dan sedikit susu. Sisihkan. Rebus sisa susu dan gula, aduk hingga mendidih. Angkat, tuang sebagian susu panas ke dalam campuran telur, aduk cepat (dipancing). Tuang kembali telur ke dalam susu panas, aduk. Rebus kembali, sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat dan setelah setengan dingin (vla tidak beruap), masukkan rum dan jeruk, aduk.
7. Penyelesaian : Hangat-hangat tuang ½ bagian vla ke atas cake di dalam loyang. Ratakan dengan cepat sebelum vla mengeras. Tutup dengan lapisan cake bagian tengah, basahi dengan sirup, ratakan sisa vla. Terakhir tutup dengan lapisan cake terakhir. tekan-tekan sedikit untuk meratakan.

Tips :
Untuk memudahkan pengangkatan cake dari loyang, alasi loyang 20 cm dengan 2 lembar plastik (@ 20 x 40 cm) yang diletakkan menyilang. Biarkan sisanya menjuntai keluar loyang, rekatkan ujung-ujungnya dengan selotip, agar tidak bergeser. Susun cake sesuai dengan resep. Lepaskan selotip, keluarkan cake dengan mengangkat lembaran plastik perlahan-lahan (bila perlu minta bantuan orang lain).

Tidak ada komentar: