Jumat, 08 Januari 2010

Panduan Porsi Makan Ibu Hamil

Makanan terbaik bagi ibu hamil adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan pokok nutrisinya, termasuk untuk perkembangan janin yang berada dalam kandungan. Tetapi tentunya pengaturan porsi pemberian makanan tersebut harus diatur sebaik mungkin guna menghindari pertambahan berat badan yang terlalu berlebihan. Untuk itu, berikut ini kami berikan panduan takaran penyajian makanan harian yang mengandung nutrisi pokok yang diperlukan ibu hamil. Makanan terbaik bagi ibu hamil adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan pokok nutrisinya, termasuk untuk perkembangan janin yang berada dalam kandungan.Tetapi tentunya pengaturan porsi pemberian makanan tersebut harus diatur sebaik mungkin guna menghindari pertambahan berat badan yang terlalu berlebihan.
Untuk itu, berikut ini kami berikan panduan takaran penyajian makanan harian yang mengandung nutrisi pokok yang diperlukan ibu hamil.

1. Susu dan produk olahannya : 4 kali penyajian sehari.
Susu merupakan sumber utama kalsium, yang bermanfaat dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi serta tulang yang sehat dan kuat. Selain kalsium, susu juga merupakan sumber pemenuhan kebutuhan protein, vitamin, dan mineral yang lain.Karena itu, susu menjadi salah satu menu wajib bagi ibu hamil. Bila Anda termasuk salah satu orang yang kurang suka mengkonsumsi susu, maka anda bebas berkreasi, menciptakan berbagai masakan sesuai selera dengan menambahkan susu ke dalamnya. Beberapa produk berbahan dasar susu yang memiliki kandungan nutrisi yang sama yang sama dengan total penyajian harian yang dianjurkan, yaitu:100 gr keju cheddar (keju balok) 1 1/3 cangkir es krim1/3 cangkir susu bubuk 1 cangkir pudding berbahan dasar susu1 cangkir keju cottage 1 cangkir sup krim berbahan dasar susu1 cangkir yoghurt tanpa rasa 1 cangkir susu skimNB: Saat usia kehamilan mulai memasuki 3 bulan terakhir, merupakan saat paling optimal dimana seorang ibu hamil menyerap kalsium lebih banyak untuk sang buah hati tersayang yang masih berada di dalam kandungan.
2. Daging merah dan penggantinya : 2 kali penyajian sehari (total ≥ 600 gr).
Daging adalah sumber protein yang juga memiliki kontribusi penting dalam penyediaan vitamin dan mineral. Protein tersebut dibutuhkan untuk menunjang proses tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya itu, protein juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, termasuk sel darah merah, bagi ibu dan si kecil.Beberapa makanan pengganti yang memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan total penyajian harian yang dianjurkan, yaitu:1 cangkir keju cottage 100 gr keju1 cangkir ikan tuna 1 cangkir kacang tanah yang cincang kasar1 paha ayam 1 hot dog2 potong filet ikan 100 gr sosis2 sdm selai kacang 1 cangkir kacang-kacangan yang dipanggang1 butir telur 100 gr daging buatan (khusus untuk vegetarian)1 cangkir tofu
3. Sayur mayur dan buah-buahan? ≥ 4 kali penyajian sehari.
Berbagai macam sayur dan buah bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pendukung proses pemeliharaan dan regenerasi sel tubuh yang berguna untuk menjamin kelancaran kinerja fungsi tubuh. Dikarenakan kandungan serat dan selulosa yang tinggi, maka buah dan sayuran sangat baik untuk membantu proses pencernaan.
4. Roti dan makanan berbahan dasar tepung ≥ 4 kali penyajian sehari.
Selain sebagai sumber utama penghasil energi, makanan-makanan tersebut merupakan sumber vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan jaringan kulit dan sistem syaraf. Usahakan untuk selalu makan produk berbahan dasar tepung yang juga dilengkapi serat, misalnya roti gandum, havermut (oatmeal), dan berbagai produk serealia.

Tidak ada komentar: