Rabu, 04 Juni 2008

CINTA ANDA DAN DIA


Bayi Anda sangat suka mengamati Anda bergerak ke manapun. Anda memang orang paling penting dalam hidupnya. Wahai ibu, nikmatilah hubungan kasih yang indah ini!


0-6 bulan


Bayi mungil Anda sudah mengenali sentuhan, suara, dan bau tubuh Anda. Meski ia mungkin belum menyadarinya, tapi ia mulai merasakan keterikatan yang kuat dengan Anda. Itu sebabnya mengapa ia lebih nyaman berada dalam buaian Anda ketimbang orang lain.
Sekitar usia enam minggu, bayi Anda mungkin akan mengejutkan Anda dengan “cengiran” kecilnya yang spontan. Pancing senyumnya dengan rajin berbicara dan bernyanyi untuknya, maka ia akan segera belajar mengasosiasikan Anda dengan momen yang spesial dan memberikan senyumnya yang paling lebar hanya untuk Anda.


Bayi Anda akan menunjukkan cintanya pada Anda dengan menggunakan matanya. Perhatikan pupil matanya yang membesar saat Anda mendekatkan wajah ke wajahnya.


6-12 bulan


Di sekitar usia enam atau tujuh bulan, bayi Anda mulai menunjukkan kebingungan saat berpisah dengan Anda. Ia pikir, saat Anda meninggalkan ruangan, Anda akan meninggalkannya selamanya dan tak akan kembali lagi.


Di usia delapan bulan, si kecil mulai memahami mengenai obyek yang tetap dan ia menyadari bahwa Anda tetap ada meskipun ia tidak melihat Anda.


Anda tetap merupakan sosok favoritnya, tapi ia sekarang mengerti bahwa orang lain juga bisa dipercaya dan dicintai. Ajak ia untuk menjalin ikatan dengan orang lain, misalnya dengan cara bercerita tentang orang-orang di sekitarnya seperti ayah, kakek, nenek, tante atau om. Biarkan juga si kecil tinggal bersama mereka lebih lama. Hal ini baik bagi si kecil, karena dapat membantu mengembangkan rasa percaya dirinya di tengah orang banyak.


12-18 bulan


Batita Anda sangat suka meniru sosok favoritnya, yaitu Anda! Jadi jika Anda menunjukkan banyak ekspresi cinta dan kehangatan, ia akan memberikan respon yang sama. Ia juga akan mengerti bahwa mengekspresikan perasaannya pada orang-orang di sekitar yang disayanginya sangat baik untuk dilakukan.


Saat ini, batita Anda melihat bahwa kehangatan adalah sikap yang menyenangkan. Tapi bukan berarti ia akan bersikap seperti ini terus sepanjang hari. Bagaimanapun, ia masih anak-anak yang punya sikap moody. Jadi jangan kaget bila setelah memeluk dan mencium Anda, semenit kemudian ia langsung bersikap uring-uringan dan bertingkah menyebalkan pada Anda. Ingat untuk tetap konsisten menunjukkan ekspresi cinta Anda padanya, bagaimanapun sikapnya!
Di sekitar usia 18 bulan, ia akan mengejutkan Anda dengan pelukan spontannya, yang pastinya akan membuat hati ibu manapun lumer oleh cinta!

Tidak ada komentar: